Laman

Selasa, 31 Mei 2011

IQ Rendah Karena Pestisida

INILAH.COM, California - Pestisida dalam rahim ibu terbukti berpengaruh terhadap IQ anak. Tiga studi telah membuktikannya.

Tiga studi yang dipublikasikan pada Environmental Health Perspectives membuktikan bahwa anak-anak yang keracunan pestisida organofosfat sejak di rahim ibunya, cenderung memiliki kemampuan kognitif dan IQ yang rendah. Namun pestisida jenis ini masih diizinkan dan banyak dipakai di dunia pertanian sekarang.
Para ilmuwan juga mengatakan bahwa temuan pestisida dalam rahim ibu membuat anak-anak mereka cenderung mudah sakit.
Universitas Berkeley California mengadakan studi yang melibatkan ibu-ibu hamil. Para ibu berpartisipasi dalam studi ini saat mereka masih mengandung, hingga anak mereka menginjak usia lima tahun.Saat hamil, ibu-ibu itu diambil sampel urinnya.
Sedangkan anak-anak mereka diuji kemampuan verbalnya, serta kemampuan logika sebab-akibat, memori, dan kemampuan menyerap informasi, saat berusia lima tahun.
Hasilnya, ditemukan bahwa semakin besar kadar organofosfat dalam urin ibu saat mengandung, semakin rendah kemampuan kognitif dan skor IQ anak.
Untuk mencegah hal ini, para peneliti Berkeley menyarankan kita untuk tidak menggunakan pestisida di rumah, serta terbiasa mencuci buah-buahan dan sayur-mayur sebelum dimakan atau dimasak. [mor]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar